23 Oktober 2011

MENJADI PEDAGANG DI PASAR DUNIA MAYA, KENAPA TIDAK?

             
Dunia internet bukan lagi suatu hal yang asing bagi kehidupan manusia saat ini.  Siapa pun kini bias mengakses internet dimana pun dan kapan pun.  Kehidupan di dunia maya pun beragam bentuknya, dunia maya tak lagi sebatas media informasi atau tempat oaring mencari referensi.  Dunia maya kini bisa digunakan sebagai sarana silaturahmi, mendownload video atau music, ladang bisnis bahkan menjadi diary.
            Diary online yang biasa disebut blog ternyata memiliki multifungsi pula, tak hanya sebagai buku harian online, tetapi dapat digunakan sebagai web pribadi tempat kita mempublikasikan karya dan tulisan kita.
            Blog yang arti sebenarnya merupakan kepanjangan dari Web LOG, yitu catatan-catatan pribadi atau artikel yang dituangkan atau di pentingkan dalam sebuah halaman web.  Lalu apa hubungannya antara blog dengan “pasar dunia maya”?  tentu berhubungan.  Untuk sebuah awal, kebanyakan orang didunia yang memiliki blog atau yang biasa disebut bloger telah mengkomersilkan blognya.  Blog bukan hanya sebuah wadah untuk mempublikasikan tulisan-tulisan atau karya kita.  Dengan blog, kita serasa memiliki penerbitan sendiri.  Kebanyakan bloger menyelipkan iklan di pojok-pojok blognya.  Nah, iklan inilah nanti yang menjadi sumber penghasilan kita dari menulis di blog.
            Caranya gima?  Mudah. Saat ini telah banyak berdiri perusahaan penyedia iklan online baik dalam mapun luar negeri.  Agar iklan yang kita pasang di blog tidak terlalu meluas ruang lingkupnya, ada baiknya kita memasang iklan dalam negeri dulu.  Kumpulblogger.com adalah salah satu penyedia iklan local.  Iklan-iklan yang ditawarkan oleh kumpulblogger.com juga hanya sebatas iklan-iklan dalam negeri.  Jika tak puas dengan iklan dalam negeri, kita bias mencoba mendaftar di google adsense,  google adsense adalah salah satu penyedia iklan untuk taraf internasional.
            Penghasilan dari memasang iklan di blog cukup lumayan, walaupun tak bias dibilang menjanjikan.  Sekali iklan yang ada di blog kita di ketik, kita akan mendapat uang sebesar Rp300-Rp 500, bergantung pada penyedia iklannya.  Semua kembali kepada hasil tulisan kita, jika tulisan kita bagus dan banyak diminati orang, sudah pasti akan banyak yang mengunjungi blog kita dan meng-klik iklan yang ada di sana.  Namun jika tulisan kita kurang banyak peminatnya,  sudah dapat dipastikan, pembaca blog kita akan sedikit, dan sedikit pula yang akan meng-klik iklan kita. Namun tidak ada kerugian yang kita dapat jika iklan kita tidak di klik, karena pemasangan iklan diblog tidak dikenai biaya.
            Belum puas dengan pasang iklan di blog?kita bias coba promosi usaha kita lewat blog kita.  Sebagai contoh misalnya di rumah kita punya kucing yang semakin lama semakin banyak jumlahnya. Dari pada bingung mencari ruko atau membuka took hewan, lebih baik upload saja foto-foto hewan kita yang lucu ke blog beserta daftar harga dan no ponsel kita.  Bisa juga ditambah bonus gratis untuk ongkos pengiriman dalam kota, itu akan menjadi daya tarik sendiri.  Banyaknya orang yang sibuk saat ini membuat mereka tidak punya waktu untuk berepot-repot ke took hewan untuk membelikan hewan peliharaan buat anaknya.
            Di era yang serba sibuk ini, apa saja dilakukan secara online.  Masih banyak “kios-kios pasar” dunia maya yang belum terisi.  Tertarik? Selamat menjadi pedagang di pasar dunia maya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Toko Buku LNTRA
Hak Cipta Isi © Amry Rasyadany. Diberdayakan oleh Blogger.